CPM - apa itu? Bagaimana CPM digunakan dalam periklanan?

Daftar Isi:

CPM - apa itu? Bagaimana CPM digunakan dalam periklanan?
CPM - apa itu? Bagaimana CPM digunakan dalam periklanan?
Anonim

Saat mengatur media atau kampanye iklan kontekstual di web, pengiklan mana pun menghitung perkiraan anggarannya. Untuk pelanggan kampanye iklan, penting untuk melihat bagaimana dana untuk implementasinya didistribusikan, apakah uang itu dibelanjakan untuk tujuan yang dimaksudkan dan seberapa efektif mereka digunakan. Perhitungan efektivitas suatu produk periklanan dalam perencanaan media didasarkan pada beberapa indikator, salah satunya adalah indeks CPM. Apa indikator ini, bagaimana menggunakannya - kami akan mencari tahu di bawah ini.

cpm adalah
cpm adalah

CPM - mengapa Anda membutuhkannya

Apa itu CPM dalam periklanan telah dikenal sejak abad terakhir. Modul ini digunakan di semua kampanye iklan yang berlangsung di media. Penerbitan, saluran televisi dan radio masih menggunakan indikator ini untuk menghitung biaya iklan. CPM digunakan untuk menentukan harga satu tayangan iklan bukan untuk satu penerima, tetapi untuk seribu pembeli potensial. Pada saat yang sama, istilah ini diperkenalkan ke dalam sirkulasi. Pemilik situs periklanan hanya dapat beroperasi dengan sirkulasi dan fokus tematiknya, sehingga indikator CPM ditentukan, periklanan, dengan mempertimbangkan nilai ini, efektif.

definisi BPS

cpm adalah
cpm adalah

Definisi BPS sederhana adalah biaya per seribu. Nama modul berasal dari kata bahasa Inggris Cost-Per-Thousand, di mana M adalah angka Romawi yang berarti 1000. Jadi, ketika ditanya apa itu CPM, kami dapat menjawab bahwa ini adalah harga per seribu tayangan iklan. Semakin sering iklan muncul di halaman surat kabar dan majalah, semakin sering terdengar di radio atau berkedip di saluran televisi, semakin tinggi koefisiennya.

Penghitungan CPM dalam kampanye iklan online

Di Internet, peran iklan biasanya dimainkan oleh spanduk - jendela sembul yang sangat mengganggu yang tidak begitu disukai pengguna dan yang menghasilkan uang bagi pemilik situs periklanan. Semakin populer situs tersebut, semakin banyak pengguna melihat halaman Internet ini, semakin mahal biaya iklan di situs ini bagi pelanggan.

Pengiklan tertarik pada jumlah pengguna sebanyak mungkin yang telah melihat spanduk tertentu. Oleh karena itu, apa itu CPM dapat ditampilkan secara matematis dengan cara ini:

CPM=(total biaya pesanan iklan)/(rencana jumlah tampilan spanduk per hari)1000.

Sekarang sudah jelas apa itu CPM. Dalam periklanan, ini adalah salah satu indikator terpenting. Pengiklan dapat menghitung berapa banyak uang yang harus dibayar pemilik situs agar informasi tersebut dapat ditampilkan kepada seribu pengguna jaringan.

Perhitungan ini dapat ditunjukkan secara visual menggunakan contoh sederhana. Biaya menempatkan satu spanduk di situs portal adalah, misalnya, $ 400 per minggu, statistik halaman web ini menunjukkan bahwa per minggusitus ini dilihat oleh sekitar 10 ribu pengguna. Jadi perhitungan sederhana memberikan nilai:

CPM=$400/10,0001000=$4 per seribu tayangan iklan.

Pengiklan harus memahami bahwa tampilan sederhana dari spanduk di situs tematik sebagian besar bersifat informatif. Tidak ada jaminan bahwa sepuluh ribu orang yang mengunjungi halaman tersebut pasti akan mengklik banner tersebut. Apakah pengunjung ingin mengikuti tautan atau tidak hanya bergantung pada daya tarik spanduk itu sendiri dan informasi yang ditempatkan di dalamnya. Setiap situs akan menyediakan semua data yang menarik untuk menghitung parameter CPM. Bahwa itu bermanfaat bagi pemilik situs, Anda bisa mengerti. Tetapi periklanan, kualitas dan minatnya bagi pengguna akhir adalah tugas dari pelanggan itu sendiri.

apa itu cpm
apa itu cpm

Modul Bantu RKT, Metode Perhitungan

Untuk mengurangi biaya, satu indikator lagi harus diperhitungkan - indeks RKPT. Nama itu juga berasal dari bahasa Inggris dan sepenuhnya terdengar seperti rasio klik-tayang - indikator rasio klik-tayang. CTR menunjukkan berapa banyak orang yang mengklik banner dan pergi ke halaman pelanggan periklanan. Modul ini secara langsung tergantung pada kebenaran situs yang dipilih, karena semakin sesuai dan perlu tampilan iklan di situs, semakin besar kemungkinan pengunjung situs akan tertarik pada informasi dan mengklik spanduk. Cara menghitung indikator ini terlihat seperti ini:

CTR=(jumlah pengguna yang mengklik banner)/(rencana jumlah tampilan banner per hari) 100%.

Misalnya, jika dari 20ribu orang yang melihat iklan mengikuti tautan 800 pengguna, maka RKPT adalah 800/20.000100=4%, yang lebih tinggi dari nilai minimum yang diizinkan.

Terbukti secara eksperimental bahwa RKPT minimum adalah 3-5%. Jika kurang, maka biaya per calon pelanggan akan melebihi keuntungan yang diharapkan, dan iklan akan dianggap tidak efektif.

iklan cpm
iklan cpm

Menggunakan indeks

CPM dapat digunakan saat memilih audiens target yang lebih sempit. Misalnya, saat memesan penempatan spanduk, platform situs memberi pengiklan informasi tentang usia, jenis kelamin, tempat tinggal, hobi semua pengunjung situs yang terdaftar. Dengan demikian, spanduk yang diinginkan hanya muncul untuk pengguna yang dirancang untuk produk iklan ini. Anggaran kampanye iklan dibelanjakan lebih hemat dan efisien.

Anda juga harus mempertimbangkan aktivitas pengguna biasa. Semakin sering pengunjung yang sama melihat produk iklan yang sama, semakin sering uang didebet dari pengiklan, tetapi pelanggan tidak mendapatkan lebih banyak pelanggan dari ini. Oleh karena itu, perhitungan indeks CPM dan CTR yang kompeten, dikombinasikan dengan analisis mendalam dari informasi yang diberikan oleh platform periklanan ini, akan memberikan hasil yang diinginkan kepada pelanggan.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan di awal kampanye iklan. Pembayaran dapat dilakukan dengan CPM atau CTR. Dengan kata lain, pelanggan harus memahami esensi iklan banner menurut modul CPM - bahwa ini bukan pembayaran untuk klik pengguna, tetapi hanyauntuk menampilkan produk promosi

apa itu cpm dalam iklan?
apa itu cpm dalam iklan?

Menyimpulkan

Ketika ditanya apa itu CPM, orang dapat menjawab bahwa parameter ini adalah salah satu yang paling penting saat menganalisis efektivitas iklan, dan juga diperhitungkan saat menghitung anggaran kampanye iklan. Jumlah kontak yang diharapkan dari konsumen potensial dengan informasi periklanan dan biaya penempatan spanduk di beberapa situs dengan fokus tematik yang serupa juga diperhitungkan. Dengan mempertimbangkan parameter ini, Anda dapat menghitung efektivitas platform periklanan tertentu dan berhasil menguasai anggaran periklanan.

Direkomendasikan: